Aksi 17117 oleh KBM IAIN Manado

20170117_134527
Pers Suam News – Selasa, 17 Januari 2017 atau 17117 puluhan mahasiswa yang tergabung dalam keluarga besar mahasiswa IAIN MANADO menggelar aksi refleksi terkait dengan alih status STAIN ke IAIN.
Aksi dimulai pada pukul 11:30 WITA dengan titik kumpul di depan gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan lalu bergerak kearah kantor Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam lalu bergerak lagi ke Rektorat sambil menyuarakan aspirasi mahasiswa terkait demokrasi kampus, fasilitas, serta aktivasi portal akademik.

20170117_143346Menurut keterangan salah satu mahasiswa yang ikut dalam aksi refleksi, Vindri Adampe “aksi ini adalah untuk membangun kesadaran mahasiswa terkait permasalahan kampus yang saat ini kita rasakan bersama mulai dari demokrasi kampus, fasilitas, yang sampai saat ini belum dirasakan. Fasilitas kampus misalnya, didalam ruangan tersedia AC tapi tidak berfungsi atau tidak dinyalakan belum lagi kursi yang tersedia sering kali kurang, WC yang rusak, pintu kelas yang tidak utuh bahkan ada kelas yang bocor dan kalau musim hujan sering kali air menetes dengan deras membuat perkuliaahan terganggu”.
Hal yang hampir serupa juga di sampaikan Mustofa Hasan yang ikut dalam aksi refleksi “aksi yang di gelar kemarin adalah bentuk refleksi terkait perpindahan alih status dari yang dulunya STAIN ke IAIN manado, akan tetapi melalui alih status tersebut Mahasiswa banyak melihat banyak kekurangan terutama dalam hal fasilitas kampus yang tidak mendukung dalam hal perkuliahan dan ditambah lagi beberapa system informasi kampus yang susah di jangkau oleh mahasiswa. Aksi tersebut di lakukan karena sulitnya mahasiswa berkoordinasi dengan pihak-pihak birokrasi yang hanya kemudian berjanji akan tetapi tidak ada realisasinya. SENAT, DEMA, dan beberapa instansi terkait juga seakan tertutup untuk menampung suara-suara dari mahasiswa itu sendiri. Ucapnya”.20170117_134611
Sebagai klarifikasi atas pernyataan dari Mustofa Hasan kami mewawancarai salah satu pengurus DEMA Fakultas, bahwa :

“SEMA dan DEMA kiranya tidak tertutup untuk menampung aspirasi mahasiswanya, pasalnya sebelum aksi kemarin sekitar bulan ke 10 tahun lalu, DEMA Fakultas berhasil mengadakan pertemuan dengan Kabag Umum IAIN Manado untuk membahas fasilitas kampus yang dikeluhkan oleh mahasiswa”.Ujar salah satu pengurus Dema Fakultas periode 2016.
Aksi ini mendapatkan respon yang baik dari beberapa dosen dan pihak pihak birokrasi yang langsung menemui masa aksi dan berusaha akan segera merealisasikan aspirasi yang disampaikan Mahasiswa.
Wartawan: Adi Kurusi

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *