BNPT dan IAIN Manado : “Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2018” di Sulawesi Utara

IAIN Manado, ICNewsBadan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan kegiatan “Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2018” di Hotel Mercure Manado Tateli Beach Resort,  12-15 November 2018 kemarin, dan dibuka langsung oleh Kol.Pas .Drs. Sujatmiko selaku Kasubdit Kontra Propaganda BNPT.Sebanyak 60 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan instansi yang ada di sulawesi utara mengikuti kegiatan ini salah satunya IAIN Manado, dan peserta dibagi menjadi lima tim, yang di dalamnya mempunyai keterampilan di bidang Blogger, Design Komunikasi Visual (DKV), serta Informasi dan Telekomunikasi (IT).

Maraknya Konten Negatif yang beredar di Media Sosial belakangan ini, cukup membuat keresahan di masyarakat maka BNPT membentuk Duta Damai Dunia Maya 2018. Demi bertujuan untuk memerangi penyebaran konten negatif dari oktum-oktum maupun kelompok-kelompok yang tak bertanggung jawab.

Menurut Bapak Sujatmiko dalam sambutannya memberikan arahan dan pesan kepada peserta agar mau bertindak aktif dalam memerangi konten-konten negatif yang marak beredar di media sosial saat ini. Serta dapat berinovasi mengembangkan kreatifitas untuk menyebarkan konten positif di masyarakat lewat media sosial.

BNPT menggandeng anak muda atau kaum milenial untuk bergabung dalam kegiatan ini, mengingat pengguna media sosial di dominasi oleh anak muda, karena anak muda sangat mudah terpengaruh dengan konten-konten negatif. Institut Agama Islam Negeri IAIN Manado lah  salah satu penyumbang anak muda berbakat dan berprestasi di kegiatan tersebut. Tercatat ada  7 Mahasiswa IAIN Manado yang lolos dan ikut serta di kegiatan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya antara lain :

  1. Visal Solang Mahasiswa Fakultas Syariah
  2. Akil Langkamane Mahasiswa Fakultas Syariah
  3. Anisa Jihan Tumiwa Mahasiswa Fakultas Syariah
  4. Muhamad Adriansyah Lovonita Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  5. Fitraini Hadju Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  6. Tovan Mokoginta Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  7. Fitriyani Hadju Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

Walaupun tergolong sedikit dalam ikut serta di kegiatan tersebut namun IAIN Manado mampu menunjukan kualitasnya dan tak kalah saing dengan kampus lain yang penyumbang mahasiswa terbanyak.

Pada kegiatan ini 60 Peserta yang ikut di bagi dalam 5 kelompok nama kelompok yang di bagi berasal dari nama-nama asli yang ada di Sulawesi Utara yaitu, Manguni, Tinutuan, Paniki, Wale’eos, dan Mapalus. Kelompok – kelompok tersebut di dalamnya sudah ada 3 bidang yaitu, Bolger, DKV, dan IT yang mempunyai tugas membuat suatu prodak yang di presentasikan di depan para pejabat daerah serta di depan para Perwakilan Negara Tetangga yaitu, Jepang, Singapore, Iran dan Filiphina. Agenda ini guna mengajak mereka untuk mau bekerjasama dalam menjaga dunia ini dari paham radikalisme dan terorisme.

Kabar Berita yang di Ambil dari Website Manguni Kolompok Duta Damai Dunia Maya Sulut

Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat Sulawesi Utara khususnya kalangan milenial lebih cerdas serta memiliki rasa pedulli yang tinggi terhadap NKRI dan dengan terlahirnya Duta Damai Dunia Maya di Sulawesi Utara lebih menambah sikap toleransi serta mempererat kerukunan yang ada di Sulawesi Utara. (Ishal)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *