IAIN Manado Menghadirkan Narasumber dari Jerman

IAIN Manado, ICNews – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menyelenggarakan “Kuliah Umum” dengan tema, “Paradigma Sosial Dalam Penelitian dan Perubahannya”, menghadirkan Narasumber dari luar negeri, Prof. Fritz Schulze From Georg August Universitat Gottingen Germany, Rabu (21/3/2018).

Kuliah Umum tersebut dihadiri oleh Dekan FEBI, Dekan Syariah, Beberapa Dosen, dan Mahasiswa, bertempat di Aula Rektorat Lt.2 IAIN Manado, sesudah Narasumber menyampaikan materi, IAIN Manado yang mewakili Rektor, Dr. Rivai Bolotio, M.Pd menyerahkan Cendera Mata kepada Narasumber.

Dalam kuliah umumnya di hadapan mahasiswa S1 dan S2, Prof. Fritz menyampaikan perlunya pendekatan ilmu sosial secara interdisipliner dalam memecahkan permasalahan dalam masyarakat. Pendekatan yang dimaksud dapat berupa pendekatan bahasa, budaya, sosial, antropologi, dan lain-lain. “Dalam konteks penelitian sosial, pemahaman terhadap  budaya lokal dan budaya global sangat diperlukan”, tegasnya

Prof. Fritz Schulze menyampaikan materi paradigma sosial,  dengan sangat baik sehingga bersemangat pula hadirin baik dari dosen maupun mahasiswa.

“Sejarah Global adalah proses-proses yang global, maksudnya proses-proses pada masa lalu dan pada masa sekarang sudah mengganti sivilisasi sebagai penguji agama Islam. Dalam pengertian ini kita bisa memandang (dalam pandangan sejarah) perubahan paradigma pada akhir abad 20 paling mendasar secara global, merupakan akibat dan hasil tingkat-tingkat ganjil terakhir dan logis dalam persepsi dunia”.

Prof. Fritz Schulze sudah tiga kali menjadi Narasumber di IAIN Manado. Pertama, setahun lalu tepatnya 4 Maret 2017 dengan tema Relasi Agama dan Negara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, dan kedua 3 April 2017 diselenggarakan oleh Program Pascasarjana IAIN Manado bertajuk “MULTIKULTURAL-TRANSDISIPLINER: Penguatan Visi dan Orientasi Pengembangan Keilmuan IAIN Manado dalam Kerangka Studi Islam Nusantara dan Dunia”. dan terakhir 21 Maret 2018 kemarin. (Fitroh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *