Keren !!! Kolaborasi LDK Al Ihsan IAIN Manado Bersama KOMAKI di Bidang Kesehatan

IAIN Manado, ICNews – Lembaga Dakwah Kampus Al-Ihsan IAIN Manado bersinergi dengan KOMAKI dalam lingkup kesehatan yakni kajian tentang Hepatitis B bahkan pemeriksaan Hepatitis B secara gratis di Mesjid As-Salam Pajak, Kamis 18 Juli 2019.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh KOMAKI yang merupakan LSO dari KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Manado yang bekerja sama dengan Lembaga Dakwah Kampus Al-Ihsan IAIN Manado yang juga didukung penuh oleh pengurus BTM As-Salam Pajak. Kegiatan tersebut dibuka untuk umum dan dihadir oleh Masyarakt umum dan Mahasiswa/i dari beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Manado, seperti Universitas Samratulangi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Manado.

Sebelum pemeriksaan penyakit Hepatitis B, para peserta yang hadir diberi penjelasan tentang apa itu Hepatitis B, gejala-gejalanya dan sumber penyakit tersebut dan beberapa arahan agar terhindar dari penyakit itu dengan Pemateri Seorang Perawat dari RS Kondou Poli Gastro Hepatologi yaitu Ns.Wiwin S.R Luawo., S.Kep. Setelah diberi penjelasan terkait Hepatitis B para peserta juga di edukasikan dengan Infussed Water yang dewasa ini semakin viral dengan sebutan JSR yang dicanangkan oleh Ustadz Zaidul Akbar yang merupakan seorang Dokter, pembahasan pun kian seru karena pematerinya pun mempraktikan langsung dan menunjukkan perbedaan perbedaan kandungan PH dalam air, “dimana semakin tinggi PH sebuah air maka semakin bagus pula air tersebut” ujar Teh Lia Pujiamah

Antusias para peserta dalam mengikuti kajian dan pemeriksaan sangat terlihat, walaupun sebenarnya dalam sesi pemeriksaan sebagian peserta akhwat (perempuan) nampak takut dan gelisah saat akan diambil darahnya untuk diperiksa, karena menggunakan jarum suntik. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat umum pada khususnya karena pemeriksaannya lebih efektif dan efesien.

Sesi Pengambilan Darah :

Alasan dari panitia penyelenggara melaksanakan kegiatan ini adalah “mengingat penyakit Hepatitis B yang jikalau pemeriksaannya diklakukan di Dokter Umum maka akan menelan Biaya yg cukup mahal berkisar Rp.200.000 sekali periksa adapun yang gratis harus menggunakan BPJS itupun pasien harus menginap selama satu malam terlebih dahulu” Ujar Devi selaku fasilitator dari KOMAKI saat diwawancarai dilokasi kegiatan.

Melihat Hepatitis B adalah penyakit yang juga banyak pasiennya. Serta pengidapnya tidak sadar bahwa dirinya mengidap penyakit tersebut karena gejala awalnya sukar terlihat, oleh karena itu alangkah baiknya dilakukan pencegahan sedini-dini mungkin melaluli pemeriksaan darah telebih dahulu agar tidak terlanjur parah jika memang positif, tambah wiwin selaku perawat yg dengan ikhlas melaksanakan pemeriksaan secara gratis.

Respon Positif dari masyarakat serta pengurus BTM As-Salam Pajak diterima oleh LDK Al-Ihsan IAIN Manado dan KOMAKI selaku penyelenggara, dalam hal ini bisa terlihat bahwa kemajuan cakupan Lembaga Dakwah Kampus Al-Ihsan semakin luas karena tidak hanya dalam ranah kajian yang monoton tentang agama tapi juga bisa memberikan sumbangsi nyata terhadap masyarakat luas khususnya dalam bidang Kesehatan, karena memberikan manfaat kepada sesama makhluk juga merupakan hal yang selalu ditekankan dalam Agama Islam dan direalisasikan secara nyata oleh Lembaga Dakwah Kampus Al-Ihsan yg bekerja sama dengan KOMAKI, tidak hanya itu dalam kegiatan tersebut LDK Al-Ihsan  yang diketuai oleh Ramadhan Ngadi itu juga menyelipkan agenda, Launching Produk LDK Preneur, mereka memasarkan sebuah makanan ringan yang memiliki Brand yaitu JALU (Jamur Lunas). Selengkapnya dapat dilihat di http://ldkalihsan-iainmanado.blogspot.com/

Semoga LDK Al-Ihsan Kampus Hijau dapat membuat banyak kegiatan bermanfaat untuk Umat kedepannya menepis segala cobaan dan rintangan yang dilalui dalam perjuangan dakwah ini, dan semoga cepat menjadi LDK yang mandiri. (Jhyza)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *