LDK Al-Ihsan IAIN Manado Selenggarakan Training Kader 1

IAIN Manado, ICNews – Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Ihsan IAIN Manado melaksanakan Training Kader 1 dengan tema “Kader Militan, Kader Pilihan, Dakwah Number One”. Training dilaksanakan pada Sabtu, (21/4/2018) pukul 9:00 WITA  – Minggu, (22/4/2018) pukul 17:00 WITA.

Training Kader  dibuka oleh Wakil Rektor III  Bidang Kemahasiswaan Dr. Evra Willya, M.Ag. bersama PU 2017 Ikram Hasan, bersama panitia dan peserta training. Lokasi pembelajaran dilaksanakan di Gedung perkuliahan FEBI Lt.1 IAIN Manado dan tidur malam bertempat di Masjid Al-Jami’ah Kampus IAIN Manado.

Proses Training berjalan dengan lancar sesuai dengan kerjasama yang baik oleh seluruh panitia. Para peserta diwajibkan memakai ID Card sebagai tanda pengenal. Proses training juga mempersembahkan 5 pemateri yang hebat bersama penjelasannya yaitu :

  1. Syamsul Lasehi, Judul Materi “Ahmiyatu Syahadatain” yang membahas tentang Pentingnya Syahadatain. “Ada lima unsur terpenting dalam syahadat. Yaitu Pertama, Sebagai pintu masuknya seseorang ke dalam agama islam. Kedua, Intisari Ajaran Islam. Ketiga, Dasar perubahan menyeluruh. Keempat, Hakikat dakwah para rasul. Kelima, Keutamaan yang besar.”Ujarnya
  2. Juliet Irawan, Judul Materi “Syumuliyatul Islam”. Syumuliyatul Islam berasal dari kata “syamil” = Integral, menyeluruh, dan “islam” = menyerahkan diri/hati yang berdiri/selamat sejahtera/damai. Beliau menjelaskan bahwa: “Ada 3 aspek syumuliyatul islam yaitu Segi Masa, Segi Sistem/Aturan, dan Segi Tempat”.
  3. Ikram Hasan, Judul Materi “Ke-LDKan”. Menarik pembahasan tentang tujuan, dan seluk-beluk LDK Al-Ihsan IAIN Manado. “Apapun tujuan ukhti wa akhi disini, tolong satukan tujuan kita semua yaitu “Dakwah”. Dan dai muda itu tidak boleh lemah. Maka dari itu jangan mudah menyerah selagi kita berada dalam kebenaran”. Ujarnya
  4. Abrari Ilham, S.Pd.I, M.Pd. ,Judul Materi “Hakikat Ibadah”. Beliau menguraikan dengan jelas bahwa: “Syarat diterimanya ibadah meliputi Iman, Ikhlas, dan I’tiba (mengikuti apa yang dicontohkan Rasulullah) adapun unsur-unsurnya ialah Khauf (takut kepada Allah), Roja’ (berharap kepada Allah), dan Muhabbah (cinta kepada Allah)”.
  5. Wahdania Damopolii, Judul Materi “Kuliah Gak Sekedar Ngampus”. “Ada berbagai macam golongan mahasiswa di kampus, tapi lebih khususnya yaitu Mahasiswa Ideal, Mahasiswa Biasa, Mahasiswa Pelupa, dan Mahasiswa Merana. Adapun beberapa karakteristik Mahasiswa Ideal yaitu, Beriman, Bersemangat, Memiliki Orientasi yang Jelas, Bermanfaat Bagi Orang Lain dan Lingkungan, Kreatif, Inovatif, Disiplin, dan Rendah Hati.” Ujarnya

Selesai menerima materi dilanjutkan dengan Post To Post yang berposisi sekitaran Gedung Perkuliahan FEBI, tidur malam bertempat di Masjid Al-Jami’ah IAIN Manado, Muhasabah, Riyadho, Games, 9:00 menuju lokasi Rihlah di Pantai Paal Marinsow Likupang (Jl. Likupang, Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara) rangkaian acara Pengukuhan sekaligus Tadabbur Alam, kondisi perjalanan menggunakan satu kendaraan roda empat dan beberapa kendaraan roda dua dan kegiatan diakhiri dengan Penutupan kemudian kembali Pukul 16:00 WITA . (Fitroh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *