LPM SUAM IAIN Manado : KEMENAG RI, MUI SULUT, AJI Kota Manado Mengisi Materi Seminar Radikalisme

Narasumber Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag (Kiri), Dr. Ruchman Basori, MA (Tengah), Yoseph E. Ikanabun (Kanan)

IAIN Manado, KEMENAG, ICNews – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Mahasiswa (SUAM) IAIN Manado menyelenggarakan Seminar Radikalisme yang di rangkaikan dengan Pelatihan Soft Skill Mahasiswa Bidikmisi IAIN Manado sekaligus penganugrahan pemenang Essay Competition Season II Se-Sulawesi Utara Tahun 2018, Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kasi Kemahasiswaan Kementerian Agama RI, Ruchman Basori, MA. Kamis (27/12/18).

Seminar Radikalisme ini diselenggarakan atas dasar dari kegiatan Essay Competition Season II Se-Sulawesi Utara Tahun 2018 dengan tema “Peran MA/Ponpes dan Perguruan Tinggi dalam Menangkal Radikalisme”. Pelaksanaan kegiatan ini sesudah kegiatan Mahasiswa Bidikmisi soft skill yang di hadiri langsung oleh Kasi Kemahasiswaan Kementerian Agama RI.

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Mahasiswa (SUAM) IAIN Manado pertama kalinya melaksanakan kegiatan yang luar biasa dengan menghadirkan para pemateri dari semua kalangan demi menunjang kegiatan tersebut, tercatat 3 pemateri luar biasa di undang langsung untuk membawakan materi tersebut diantaranya, Ruchman Basori, MA (Kasi Kemahasiswaan Kementerian Agama RI), Dr. Nasruddin Yusuf, M.Ag (Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut), Yoseph E. Ikanubun (Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado) dan LPM SUAM juga mengundang Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Kota Manado serta Duta Damai Dunia Maya Regional Sulawesi Utara.

Menurut Pimpinan Umum LPM SUAM IAIN Manado, Visal Solang “Kegiatan tersebut tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak perjuangan dan semangat yang tinggi para panitia dari mulai mencari relasi, memasukan proposal terutama yang dibantu oleh PU 2017 yang telah membantu dalam pembuatan proposal, dan penambahan dana dari segala bentuk usaha yang di lakukan selama 4 bulan, saya mengucapkan terimakasih kepada para panitia dan semoga di tahun berikutnya LPM SUAM tetap eksis dengan kegiatan-kegiatan yang sama berskala Nasional maupun Internasional”.

Dari sambutan Pimpinan Umum tersebut para anggota di tuntut untuk dapat melaksanakan kegiatan yang lebih besar dan lebih banyak dari sebelumnya sehingga eksistensi LPM SUAM makin berkembang setelah mati suri selama 2 tahun.

Setelah Seminar Radikalisme, LPM SUAM IAIN Manado kemudian mengadakan Penganugrahan Pemenang Essay Competition Season II Se-Sulawesi Utara Tahun 2018 yang di laksanakan seminggu yang lalu pada tanggal 20 Desember 2018 yang menghasilkan 6 orang pemenang dari 2 kategori lomba yakni kategori siswa dan mahasiswa, diantaranya;

*Kategori Siswa

JUARA NAMA ASAL SEKOLAH
 Juara I Rp. 2.000.000,- Rahmat Sepron Adam MAN 1 Bitung
Juara II  Rp. 1.500.000,-  Abd. Rahman A. Manangin dan Siti Khairunnisa N. Makka MAN 1 Kotamobagu
Juara III Rp. 1.000.000,- Miftahul F. Adudu dan Miftah Aulia Mustamin MAN 1 Bitung

*Kategori Mahasiswa

JUARA NAMA ASAL PT
Juara I   Rp. 2.000.000,- Andi Anugrah Surya Ardhy dan Chofifah Indah Rabana IAIN Manado
Juara II   Rp. 1.500.000,-  Rizki Madji IAIN Manado
Juara III  Rp. 1.000.000,- Sahfwan Syah Lausu dan Ruby Alamsyah Mamonto IAIN Manado

Semoga apa yang di capai dan di raih oleh para pemenang bisa menjadi motivasi kedepannya untuk lebih giat menulis dan berkontribusi terhadap kampus demi memajukan kampus kedepannya dan mudah – mudahan hasil dari kegiatan ini kedepannya bisa lebih banyak yang daftarkan tulisannya di kegiatan Essay Competition Season III Se-Indonesia Timur Tahun 2019. (Ishal)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *