State Islamic Institute of Manado Held an International Conference

IAIN Manado, ICNews  –  The 2nd International Student Conference on Islamic Studies in Institute of Islamic State Manado, Indonesia digelar kembali dengan Tema :  “Contemporary Islam In The Eyes of Young Researchers” 31 Agustus – 02 September 2018 kemarin yang bertempat di Aula Perpustakaan Lt. III IAIN Manado.

       Konferensi Mahasiswa tingkat Internasional hadir kembali di IAIN Manado. Kegiatan yang digelar tersebut menghadirkan Dr. Mohd Shamsuri Md Saad dari Univercity Technical Malaysia, Prof. Dr. Chokchai Nyueyong dari Khon Kaen Univercity, Thailand dan Ismail Suardi Wekke, Ph.D dari STAIN Sorong, Indonesia sebagai keynote speaker. Adapun presenter yang mempresentasikan hasil penelitian mereka tersebut berjumlah 27 orang dan peserta yang mengikuti  konferensi tersebut berjumlah 160 orang yang mana seluruh peserta merupakan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi.

Kegiatan berkelas tersebut berlangsung selama 3 hari. Agenda pada hari pertama tepatnya pada hari Jum’at, 31 Agustus 2018 pukul 08.00 WITA yaitu menjemput Pendamping dan  Peserta di Sam Ratulangi International Airport kemudian dilanjutkan dengan Check In Hotel/Penginapan/Guest House.

Agenda pada hari kedua Sabtu, 1 September 2018 yaitu Registrasi Ulang pukul 07.30-08.00 WITA. Selanjutnya masuk pada sesi I Opening Ceremony pukul 08.00-08.30 WITA dan dilanjutkan dengan pemberian materi pukul 08.00-10.00 WITA oleh Bapak Dr. Mohd Shamsuri Md Saad dari Univercity Technical Malaysia dan Bapak Prof. Dr. Chokchai Nyueyong dari Khon Kaen Univercity, Thailand dan Bapak Taufani, MA selaku moderator.

Pukul 10.00-12.00 WITA dilanjutkan pada sesi II yaitu presentasi hasil penelitian oleh masing-masing para presenter. Para presenter dibagi menjadi beberapa paralel dan digelar pada tiga ruangan yang berbeda, yaitu Gedung Aula Perpustakaan Lt. III IAIN Manado, Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Lt. I ruang E204 dan E202 namun kegiatannya berlangsung pada waktu bersamaan. Pukul 12.00 WITA kegiatan di break untuk Istirahat Sholat Makan (ISHOMA) dan dilanjutkan presentasi kembali pada agenda sesi III pukul 13.00 WITA. Kegiatan berlangsung seharian dengan penuh semangat yang terpancaar oleh para presenter yang hadir pada saat itu.

Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan pada keesokkan harinya di Gedung Aula Perpustakaan Lt. III IAIN Manado kembali dengan masuk pada agenda selanjutnya yaitu sesi IV pukul 08.00-09.30 WITA dengan pemateri Bapak Ismail Suardi Wekke, Ph.D dari STAIN sorong, Indonesia dan Dr. Edi Gunawan, M.HI. selaku moderator. Kegiatan berakhir  pada agenda selanjutnya yaitu Closing Ceremony pukul 09.30-10.30 WITA.

Selepas kegiatan berakhir, presenter yang hadir baik itu tuan rumah juga dari berbagai kota tersebut kemudian berfoto bersama dengan pemateri yang hadir pada Closing Ceremony tersebut dan dilanjutkan dengan foto bersama para peserta ISCIS yaitu seluruh mahasiswa penerima Beasiswa Bidik Misi di IAIN Manado. (Fitry)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *