Menteri Agama RI : Resmikan Gedung SBSN IAIN Manado 2017

Penandatanganan Prasasti oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin

IAIN Manado, KEMENAG, ICNewsInstitut Agama Islam Negeri IAIN Manado sukses menggelar acara Peresmian Gedung Perpustakaan, Gedung Kuliah dan Gedung Pendidikan yang secara langsung diresmikan oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dalam kunjungannya ke IAKN dan IAIN Manado di Negeri Nyiur Melambai, Jumat (21/12/18).

Kunjungan Akademik Menteri Agama Republik Indonesia ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya setelah peresmian STAIN yang beralih status menjadi IAIN Manado pada tahun 2014, adapun agenda kunjungan Menteri Agama RI di tahun ini dalam rangka meresmikan Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Manado (STAKN) yang telah beralih status menjadi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado dan Gedung-gedung baru IAIN Manado.

Acara peresmian di hadiri oleh semua Civitas Akademik IAIN Manado mulai dari Pegawai, Dosen, sampai Mahasiswa. Acara tersebut di selenggarakan di halaman depan Perpustakaan IAIN Manado, walaupun cuaca sedang hujan namun tidak menggugurkan semangat civitas akademik dalam melakukan segala persiapan-persiapan untuk menyambut Menteri Agama RI. Tercatat ada 3 Gedung yang di bangun tahun 2015 dan 2017.

Rektor IAIN Manado, Rukmina Gonibala dalam sambutannya menyampaikan “Setelah adanya transformasi dari STAIN ke IAIN terdapat banyak perkembangan mulai dari pelayanan dan bertambahnya jumlah mahasiswa dari awalnya 800 mahasiswa pada zamannya STAIN sekarang sudah mencapai 4 ribu lebih mahasiswa, dan bertambahnya jumlah program studi S1 dan S2 Pascasarjana  yang terakreditasi B, serta tenaga pendidik (dosen) dengan kualifikasi pendidikan Doktor, IAIN Manado juga mendapat bantuan pembangunan gedung dengan dana SBSN”.

“Sekarang IAIN Manado sudah memiliki beberapa gedung yang luar biasa akan tetapi sebuah gedung itu harus di isi dengan ruh di dalamnya agar gedung tersebut di lihat hidup jangan hanya di peruntukan untuk hal yang lain karena semua itu di sediakan untuk para mahasiswa agar mahasiswa cinta akan kampusnya sendiri, dan juga seluruh civitas akademik IAIN Manado harus mampu memberikan pencerahan, pengetahuan dan pengalamannya kepada masyarakat bukan malah memprovokasi umat. Sehingga terjalin kerukunan yang hakiki dan toleransi antar umat akan selalu terjaga karena agama itu bukan pembawa kebencian dan kemurkaan, akan tetapi agama itu pembawa perdamaian di dunia ini, ada salah satu istilah yakni Moderasi Beragama”. Ujar Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya sebelum meresmikan gedung-gedung baru IAIN Manado.

Sekarang IAIN Manado sudah tak kalah jauh dengan PTKIN se-Indonesia yang lain mulai dari Prestasi Mahasiswanya, sampai gedung-gedung perkuliahannya. Semoga IAIN Manado kedepannya makin maju dan berkembang sehingga bisa terwujud impiannya untuk bertranformasi lagi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Manado. (Ishal dan Adinda)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *