PJTD Hari Pertama Berjalan dengan Lancar

IAIN Manado, ICNews – Lembaga Pers Mahasiswa ( LPM ) SUAM Institut Agama Islam Negeri Manado mengadakan Training Management Journalist Phase II: Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) diadakan di Gedung Pascasarjana Ruang E204. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, (16/8/2018).

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ini diikuti oleh Mahasiswa Open Recruitment Anggota Baru Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SUAM IAIN Manado. Panitia seksi acara Anisa Jihan Tumiwa mengatakan “Kegiatan ini bertujuan untuk para calon Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dalam memfasilitasi dengan berbagai materi dan memantapkan calon untuk masuk ke Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SUAM, jadi Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) itu wajib ada karena ketika kalian mau belajar tingkat atasnya, kalian harus tau dasar-dasarnya dulu”. Ujarnya

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ini diikuti oleh 32 peserta. LPM SUAM menghadirkan pemateri dari Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Dewan Kota Manado yaitu Rezky Kumaat materi tentang Berita dan Wawancara. Berita membahas tentang inti sari berita 5W + 1H dan nilai – nilai berita, kemudian Wawancara membahas tentang teknik wawancara, metode wawancara, kiat – kiat wawancara dan jenis – jenis wawancara.

Menariknya lagi materi tersebut tak hanya diikuti oleh peserta Open Reqruitment bahkan juga diikuti oleh para panitia. Pemateri juga memberikan kesempatan untuk peserta membuat satu berita yang umum dan mempresentasikan sesuai poin–poin tertentu. Dari tugas tersebut kita bisa tahu bagaimana kita membuat berita yang benar. Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia juga sangat mengapresiasi slogan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SUAM IAIN Manado yaitu Salam Pena : “Salam Hangat, Jabat Erat, Viva Persma”. (Abdul T)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *