The First Time National Competition of Law and Syariah

IAIN Manado, ICNews   –   National Competition Of Law and Syariah 2018 dengan Tema : “Peran Hukum dan Syariah Dalam Membangun Negara Ideal Menyongsong Generasi Emas 2045” Oleh DEMA, HIMAPRODI AS, dan HIMAPRODI HES Fakultas Syariah IAIN Manado pada Senin, (23/4/2018).Terdapat dua kegiatan dalam sehari yaitu lomba debat dan lomba essay nasional. NCSL ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah dan bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ahwal Syakhsiyyah (HIMAPRODI AS) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HIMAPRODI HES) Fakultas Syariah IAIN Manado yang terkhususkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di seluruh Indonesia.

Alumni Fakultas Syariah juga turut ambil dalam kegiatan tersebut yakni menjadi Moderator. Nazar Pormalingo Irfiawan, S.HI., ambil alih pada lomba debat hukum, sedangkan Faradila Hasan, S.HI. pada lomba essay. Adapun tujuan dibuatnya lomba debat hukum agar dapt meningkatkan pemahaman mahasiswa Fakultas Syariah tentang hukum, baik itu hukum Islam maupun hukum Nasional dan untuk meningkatkan kuallitas mahasiswa agar mampu  bersaing ditingkatan apapun. Kemudian tujuan dari lomba essay agar memotivasi dan meningkatkan minat mahasiswa unutk menulis.

Jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan debat hukum berjumlah 8 tim, sedangkan  jumladan h  peserta lomba essay ada 20 peserta yang mengirimkan tulisan dari berbagai PTKIN di Indonesia yaitu UIN Malang, UIN Sunan Ampel, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Ambon, IAIN Palopo, IAIN Gorontalo dan IAIN Manado dan dari lomba tersebut mempersembahkan juara sebagai berikut.

Juara lomba Debat Hukum :

  1. IAIN Palopo
  2. IAIN Manado
  3. IAIN Manado,

Dan juara lomba Essay :

  1. Ainul Fitri dari UIN Malang
  2. Dyah Palupi Ayu dari UIN Malang
  3. Sri Wahyuni Maniet dari IAIN Ambon

Selamat atas juara yang telah diraih, teruslah berkarya di bidang apapun guna memotivasi teman-teman mahasiswa agar bisa meningkatkan kemauan untuk melakukan hal baru yang bermanfaat untuk fakultas, kampus, dan terutama bermanfaat untuk diri sendiri karena perubahan itu kita yang melakukan bukan orang lain. (Fitry)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *