Wakil Rektor PTKIN Gelar Rakor Bahas Pembinaan Kemahasiswaan

IAIN Manado, ICNews – Para Wakil Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) serta Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menggelar Rapat Koordinasi di Mataram. Rakor yang berlangsung  di Mataram dari 16 – 18 Februari 2018 ini membahas masalah pembinaan kemahasiswaan.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim GP, Jumat (16/02), menggarisbawahi pentingnya program internasionalisasi pengembangan PTKIN. Menurut Arskal, mulai tahun ini, Kementerian Agama akan merekrut  mahasiswa asing untuk kuliah di PTKIN melalui skema beasiswa.

Terkait dengan itu, Wakil Rektor serta Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama diminta untuk ikut menyiapkan bersama wakil rektor bidang akademik khusunya terkait dengan pembinaan mahasiswa asing nantinya. Selain itu, mereka juga diminta mendatangkan para profesor luar negeri untuk mengajar di PTKIN dan para dosen PTKIN untuk studi dan riset ke luar negeri.

Hal lain yang disampaikan Arskal adalah terkait Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara di daerah 3T (Terluar, Terdalam, dan Tertinggal). Selain KKN, ada juga Study Mobility Program dan program pengembangan kemahasiswaan lainnya.

Di sela-sela Rakor, 56 wakil rektor dan wakil ketua bidang III PTKIN ini diterima dalam jamuan makan bersama Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi di Pendopo Kantor Pemerintah Provinsi.  Kepada mereka, TGB Zainul Majdi mengatakan tentang pentingnya pendekatan spiritual dalam membina mahasiswa.

Selain itu, dibutuhkan inovasi dan kreativitas dalam membina  mahasiswa yang tergolong dalam generasi millennial. Mereka adalah manusia masa depan yang mempunyai banyak data, sekaligus kemampuan dan ketrampilan untuk mengolah dan menganalisa data tersebut dengan baik.

TGB Zainul Majdi berharap, ke depan marwah PTKIN dan civitas akademikanya, lebih baik dari perguruan tinggi umum. (RB)

Sumber : https://kemenag.go.id/berita/read/506911/wakil-rektor-ptkin-gelar-rakor-bahas-pembinaan-kemahasiswaan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *