Mahasiswa IAIN Manado Rebut Juara 1 Lomba Debat MPR RI

IAIN Manado, ICNews – Lomba Debat Konstitusi Seleksi Tingkat Daerah Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara oleh Bidang Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) di Hotel Maqna lt. 3  Gorontalo pada Sabtu, 1-2/2/2019.

Kita sebagai warga Negara Indonesia sudah mengenal siapa itu MPR RI. Yaitu lembaga legislatif bikameral yang merupakan salah satu lembaga tinggi Negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. 1-2 Februari 2019, Badan Pengkajian MPR RI menggelar Lomba Debat Konstitusi Seleksi Tingkat Daerah Mewakili Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara. Mengangkat isu-isu yang berkembang di masyarakat   yang ada di Indonesia terkait konstitusi negara kita. (7/2/2019)

Lomba tersebut merupakan lomba tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Gorontalo selama Dua Hari dan mempertemukan Empat Kampus terkenal  yaitu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Universitas Negeri Samratulangi Manado (UNSRAT), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG). Masing-masing kampus mengutus satu tim debat yang terdiri dari Tiga orang. 1 Februari dimulai dengan Tehnical Meeting pada pukul 13:00 WITA s/d selesai dan esoknya, 2 Februari dilanjutkan dengan Rangkaian Lomba pada pukul 08:30 WITA s/d selesai.

Lomba dimenangkan oleh tim dari IAIN Manado atas nama Anisa Jihan Tumiwa Fakultas Syariah Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyyah Semester 4, Abdurrahman Ahwal Al-Syakhsiyyah Semester 6, dan Deden Afandi Hukum Ekonomi Syariah Semester 6. Bersama dosen Pembimbing Rizaldy Pedju, S.H, M.H. membersamai mereka dalam mengikuti lomba tersebut.

“Iya, Alhamdulillah. Kami tidak menyangka akan memenangkan lomba ini. Dan ini merupakan batu loncatan untuk kami sebelum dihadapkan dengan perjuangan yang lebih besar lagi yaitu Lomba Tingkat Nasional di Jakarta”. Anisa Jihan Tumiwa sebagai tanda syukur nya.

“Alhamdulillah, saya selaku pribadi merasakan hal yang sangat luar biasa dan diluar ekspetasi karena tim kami dari IAIN Manado bisa meraih tiket putaran final di Jakarta nanti. Ini sungguh mengharukan karena kami tahu betul perjuangan kami untuk terus bersiap sampai larut malam, bahkan saya selaku pribadi harus pulang-pergi Manado-Amurang demi mempersiapkan diri secara maksimal. Tugas kami selanjutnya sangat besar karena harus mewakili Provinsi GO-SULUT ke putaran final nanti. Intinya Kami Siap Ke Jakarta.” Ujar Abdurrahman.

Disusul Juara 2 yang dimenangkan oleh Universitas Negeri Samratulangi Manado (UNSRAT) dan Juara 3 oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bersama tim mereka. (Fitroh)

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *